Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

KAJIAN RAGAM BAHASA SLOGAN PADA PAPAN REKLAME DI KOTA MEDAN (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

SUSI LESTARI (Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena penggunaan bahasa dalam slogan yang terdapat pada papan reklame di kota Medan dan menggambarkan ragam bahasa dalam slogan yang terdapat pada papan reklame di kota Medan.  Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik dokumentasi berupa foto.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan dalam slogan merupakan bahasa yang singkat dan pendek.Kebanyakan slogan tidak mengindahkan unsur sintaksis dan morfologi.Hal itu bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengingat slogan tersebut. Slogan yang ada pada papan reklame di kota Medan pada umumnya menggunakan bahasa Indonesia, bahasa asing yakni bahasa Inggris, dan beberapa diantara slogan menggunakan bahasa Indonesia yang dipadukan dengan bahasa asing. Selain itu juga terdapat slogan yang menggunakan dialek kedaerahan tertentu.Ragam bahasa yang digunakan dalam penulisan slogan adalah ragam bahasa usaha.Ragam bahasa ini berada diantara ragam formal dan ragam informal.   Kata Kunci: ragam bahasa, slogan, papan reklame, penggunaan bahasa

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...