Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

Pengaruh Penerapan Strategi Rantai Kejadian terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas X SMA Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014

ISNAYANTI LUBIS (Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi rantai kejadian terhadap peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Yayasan Pendidikan Keluarga Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Yayasan Pendidikan Keluarga Medan yang berjumlah 171 orang dengan sampel sebanyak 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi. Metode dalam penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test post-test design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes produk. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata 64,27,  standar deviasi 6.38, dengan kategori baik 33, 33% dan kategori cukup 60%,  hasil post-test diperoleh rata-rata 70, 27, standar deviasi 7.53, dengan kategori sangat baik 6.67%, kategori baik 63.33% dan kategori cukup 30%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 3,27. setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan dk = (N1 + N2) – 2 = (30+30) – 2 = 58, dari df= 29 diperoleh taraf signifikan 5% = 2.01 dan taraf signifikan 1% = 2.68. karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,01<3,27>2,68 maka hipotesis alternative (Ha) diterima. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi rantai kejadian berpengaruh secara posistif dan signifikan terhadap kemampuan menulis karangan narasi oleh siswa kelas X SMA Yayasan Pendidikan  Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Kata Kunci: Pengaruh– Strategi Rantai Kejadian- Menulis- karangan Narasi

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...