Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Basuki Rachmat Sinaga (Unknown)
Khairil Ansari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran experiential learning dengan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas x SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa 360 orang. Sampel yang diambil adalah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Distribusi data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur kompleks sebelum menggunakan model pembelajaran experiential learning dengan media audiovisual berada dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 57,62. Kemampuan menulis teks prosedur kompleks sesudah menggunakan model embelajaran experiential learning dengan media audiovisual berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 80,27. Berdasarkan perhitungan uji normalitas menunjukkan bahwa data pre-test dan data post-test berdistribusi normal. Hajil uji homogenitas membutikan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil  perhitungan uji “t” pada taraf signiikan 5% diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 10,58 2,02, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran experiential learning dengan media audiovisual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016/ 2017.   Kata Kunci : Experiential Learning, Media Audiovisual, Teks Prosedur Kompleks.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...