Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR DAN UNSUR TEKS DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Nabilah Ananda Rangkuti (Unknown)
Fitriani Lubis (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap mengidentifikasi struktur dan unsur teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 2 Binjai tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Binjai tahun pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 12 kelas dengan jumlah 404 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas XI PMS 6 berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen  dan  penelitian deskriptif dengan tipe tes awal-tes akhir kelompok tunggal (the one group pre-test-post-test). Nilai rata-rata pre-test siswa yaitu sebesar 60,00 dengan kategori kurang dan tidak memenuhi KKM yang ditentukan pihak sekolah yaitu sebesar 75, sedangkan nilai rata-rata post-test siswa yaitu sebesar 82,77 dengan kategori baik dan telah memenuhi KKM. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung>Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data pre-test adalah (0,159< 0,161), hasil uji normalitas data post-test adalah (0,131< 0,161). Hasil uji homogenitas kemampuan mengidentifikasi struktur dan unsur teks drama adalah Fhitung < Ftabel yakni 3,11<4,17 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 7,87> 2,045, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)  memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi struktur dan unsur teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 2 Binjai tahun pembelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...