Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKSULASAN DRAMA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Titik Suwarni (Unknown)
Rosdiana Siregar (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan menulis teks ulasan drama siswa kelas XI SMK Negeri 8 Medan tahun pembelajaran 2014/2015.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 8 Medan yang terdiri dari 14 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 458 orang siswa.Dari jumlah tersebut dapat ditetapkan sampel yaitu sebanyak 32 orang siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one grouppre-testpost-test design.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data yang diperoleh adalah dengan tes penugasan hasil karya dalam bentuk  (tertulis/tulisan). Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan drama dengan menerapkan model pembelajaran pendekatan saintifik termasuk dalam kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata 74,843, sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan drama dengan menerapkan model pembelajaran pendekatan saintifik termasuk dalam kategori cukup dengan perolehan nilai rata-rata 63,125. Selanjutnya, hasil dari uji hipotesis dapat diketahui nilai thitung=2,02 sedangkan nilai ttabel= 5,3jadi dapat diketahui bahwa> atau 2,02< 5,3 pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian uji hipotesis nihil  ditolak dan uji hipotesis alternatif  diterima. Artinya modelyang digunakan dalam proses pembelajaran di kelas dengan menggunakan modelpendekatan saintifik berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks ulasan drama siswa kelas XI SMKNegeri 8Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Dengan kata lain, hasil yang diperoleh dalam proses pembelajaran di kelas siswa di tuntut untuk terampil dalam menulis khususnya menulis teks ulasan drama dengan menerapkan modelpembelajaran pendekatan saintifik. Model pembelajaran pendekatan saintifik dalam menulis teks ulasan drama yang digunakan/diterapkan ketika proses pembelajaran lebih baik. Kata kunci:Pendekatan Saintifik, Teks Ulasan Drama

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...