Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS RESENSI CERPEN OLEH SISWA KELAS XI SMA PERSIAPAN STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Eli Yulidar br. Pohan (Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unimed)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning Terhadap Kemampuan Menulis Resensi Cerpen  Oleh Siswa Kelas XI SMA Persiapan Stabat Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah 152 orang dan dan sampel penelitian dilakukan terhadap 80 siswa kelas XI SMA Persiapan Stabat Tahun Pembelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random. Selanjutnya sampel dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu 40 siswa kelompok eksperimen (model pembelajaran Collaborative Learning) dan 40 siswa kelompok kontrol (model pembelajaran konvensional). Hasil penelitian disimpulkan, kemampuan menulis resensi cerpen yang menggunakan model pembelajaran Collaborative Learning  pada siswa kelas XI SMA Persiapan Stabat Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah baik dengan nilai rata-rata 74,5. Kemampuan menulis resensi cerpen yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMA Persiapan Stabat Tahun Pembelajaran 2013/2014 adalah cukup dengan nilai rata-rata 66,8. Model pembelajaran Collaborative Learning berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis resensi cerpen. Ini terbukti dari hasil uji t diperoleh nilai thitung > ttabel(0,05), yakni 3,89 > 2,00. Kata kunci: Model pembelajaran, Collaborative Learning, Resensi, Cerpen.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...