Aviasi : Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan
Vol 15, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan

Biaya Perawatan Pesawat Udara dan Pedoman Perlakuan Akuntansi (Studi Pustaka) Biaya Perawatan Pesawat Udara dan Pedoman Perlakuan Akuntansi (Studi Pustaka)

Sudarno, Sudarno (Unknown)
suryawan, ryan firdiansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberitahukan secara studi pustaka dalam hal perawatan pesawat dengan dasar UU No.1 Tahun 2009 dan Pedoman IATA mengenai perhitungan akuntansi untuk penerbangan. Selain sumber dua aturan di atas juga menggunakan data kuantitatif standar perhitungan biaya perawatan  pesawat udara. Akuntansi dan laporan berkala, data tentang pengeluaran yang dikeluarkan oleh perusahaan bisnis secara berkala dikumpulkan dan dilaporkan dalam laporan laba rugi, banyak jenis pengeluaran mungkin memerlukan penangguhan atau akrual dalam keadaan tertentu, biaya penangguhan, biaya penangguhan adalah pembayaran di muka jangka panjang dengan biaya yang harus dibayar kepada operasi beberapa tahun disajikan pada neraca pada bagian yang sering disebut sebagai biaya penangguhan. Akrual, akrual adalah pengeluaran yang secara bertahap meningkat seiring berjalannya waktu.            International Air Transport Association merupakan pedoman akuntansi penerbangan yang menjelaskan perawatan untuk perawatan pesawat sebagai berikut ; Ini adalah perawatan yang diterima secara umum untuk pemeliharaan rutin yang dibebankan saat terjadi, demikian pula dengan   sebagian besar maskapai penerbangan membebani biaya pesawat tahunan seperti yang terjadi dengan alasan bahwa pengeluaran tersebut berulang dan dapat diprediksi serta pencocokan yang wajar antara pendapatan dan pengeluaran, dan Perlakuan akuntansi untuk mantenance berat dan pemeriksaan mesin tidak seragam. Pesawat udara umumnya mengadopsi satu dari tiga metodologi berikut ketika menghitung biaya pemeliharaan ini, biaya yang dikeluarkan, memberikan dasar akrual, menunda dan diamortisasi. Tetapi jika pemeliharaan didelegasikan ke perusahaan outsourcing, perlakuan akuntansi dari biaya pemeliharaan tidak mengadopsi tiga metodologi tetapi berdasarkan faktur penerima.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Aviasi JIK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Transportation

Description

Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan Sekolah Tinggi Penerbangan Aviasi adalah jurnal yang membahas tentang Manajemen Transportasi Udara dan Manajemen Bandar Udara dan keselamatan ...