JURNAL BIOSHELL
Vol 5 No 1 (2016): BIOSHELL

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TORSO

Mustika - (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2016

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan mata pelajaran yang nilai rata – rata hasil belajar peserta didik tergolong rendah peserta didik mengaggap bahwa materi IPA terlalu banyak, banyak teori, rumus, hitungan pada fisika dan banyak fungsi anatomis pada biologi membuat peserta didik lebih berfikir, malas dan jenuh. Guru sebagai fasilitas dan motivator berkewajiban membuat siswa bergairah atau bangkit semangat belajarnya atau termotivasi untuk belajar IPA. Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penggunaan media torso, sehingga hasil belajarnya meningkatPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan responden kelas IX SMPN Yosowilangun. Penelitian ini menggunakan pendataan kwalitatif dan kuantitatif deskriptif.Pengambilan data melalui observasi aktivitas peserta didik yang menggambarkan meningkatnya motivasi peserta didik dan tes. Berdasarkan data hasil penelitian, terjadi peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Motivasi belajar, media, Torso

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

BIO

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Bioshell bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara penelitian dan praktik, memberikan informasi, ide dan pendapat, selain ujian kritis kemajuan penelitian, pengajaran, pembelajaran biologi, Biologi, dan Pembelajaran IPA. Melalui cakupan kebijakan dan pengembangan kurikulum, hasil ...