JURNAL BIOSHELL
Vol 8 No 1 (2019): APRIL

Permen Biji semangka

Halimatus sakdiah (Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember)
Fiska Bita Faraza Unay (Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember)
Haning Hasbiyati (Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2020

Abstract

ABSTRAKBiji semangka tanpa sepengetahuan masayarakat ternyata memiliki nilai gizi yang tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu karbohidrat, fenol flavonoid, protein, serat, fosfor, danĀ  zat besi. Dilihat dari manfaat biji semangka maka di buat PERMEN BISMA (Permen Biji Semangka). Permen biji semangka ini bertujuan untuk menciptakan alternatif pangan untuk meminimalisir limbah biji semangka yang terbuang sia-sia untuk dijadikan suatu produk yang bermanfaat, bernilai ekonomi, dan sebagai cemilan sehat yang kaya akan kandungan gizi serta berkembangnya produk ini diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat menengah ke bawah, dan dapat meningkatkan nilai ekonomi limbah biji semangka, serta membuat maha siswa semakin kreatif dalam bidang kewirausahaan.Metode pembuatan permen biji semangka tidak jauh berbeda dengan metode pembuatan permenĀ  lainnya hanya saja bahannya yang berbeda. Permen ini menggunakan biji semangka yang sudah tidak layak di makan namun bijinya masih tetap segar.Produk olahan ini di pasarkan di warung, stand, media online dan sekolahan terdekat. Target pemasaran permen ini untuk semua usia. Produk PERMEN BISMA ini di pasarkan seharga Rp. 12.000/bungkus. Produk yang dihasilkan dalam satu periode masa produksi adalah 1000 bungkus. Dengan biaya produksi sebesar Rp.5.000.000 diperoleh keuntungan dalam satu periode sebesar Rp. 2.810.500. Pembuatan PERMEN BISMA ini menumbuhkan kreativitas mahasiswa dalam bidang berwirausaha dan membuka lapangan pekerjaan baru.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BIO

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Bioshell bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara penelitian dan praktik, memberikan informasi, ide dan pendapat, selain ujian kritis kemajuan penelitian, pengajaran, pembelajaran biologi, Biologi, dan Pembelajaran IPA. Melalui cakupan kebijakan dan pengembangan kurikulum, hasil ...