BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi
Vol 1 No 1 (2019)

ANALISIS BERFIKIR KREATIF SISWA SMP ISLAM HUBBUL QUR’AN PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM

Kustiana Kustiana (Universitas Jember)
Kukuh Budi Sampurno (SMP Islam Hubbul Qur’an Jember)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2019

Abstract

Berfikir kreatif merupakan salah satu keterampilan tingkat tinggi yang dimiliki oleh masing-masing individu. Berfikir kreatif sangat berharga dan perlu dikembangkan untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berfikir kreatif siswa SMP Islam Hubbul Qur’an pada materi pertumbuhan dan perkembangan dengan menggunakan metode praktikum. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Hubbul Qur’an yang terdiri dari 28 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling yang disesuaikan dengan kriteria penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi siswa berdasarkan instrumen penilaian keterampilan berfikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berfikir kreatif pada materi pertumbuhan dan perkembangan menggunakan praktikum dapat dibagi menjadi tiga kategori yaitu rendah, sedang dan tinggi. Karakteristik keterampilan berfikir kreatif yang tertinggi adalah kolaboratif dengan rata-rata persentase 64,0% dan yang terendah adalah rasa ingin tahu yakni 40,0%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

biocons

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Other

Description

BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi yang memiliki E-ISSN 2620-3529 dan P-ISSN 2620-3510 yang diterbitkan oleh IKIP PGRI Jember, Indonesia. BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi diterbitkan sebagai salah satu upaya untuk mempublikasikan hasil penelitian terkait pendidikan Biologi. BIO-CONS, ...