Jurnal ISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Vol 15, No 2 (2018): Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Literasi Iklan dan Cara Belanja Sehat Siswa SMP di Jakarta Selatan

Rohmiati Sunaryo (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta)
Sadakita Br Karo (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta)
Rohmadtika Dita (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2018

Abstract

Dunia periklanan berkembang pesat mengikuti perkembangan teknologi komunikasi terutama di era digital yang serba mudah, cepat, dan murah untuk menggunakannya. Pesan iklan menekankan strategi rasional dan emosional. Iklan yang diwacanakan menjadi berbeda-beda sebagai upaya pembangunan opini publik bahwa produk yang ditampilkan terkesan sangat menarik. Kenyataannya iklan sangat mempengaruhi pola pikir masyarakat, terutama remaja yang memiliki sifat labil dan mudah dipengaruhi oleh pesan-pesan iklan. Tujuan Pengabdian kepada masyarakat ini agar remaja dapat memahami bahwa pesan iklan tidak seutuhnya seperti apa yang disampaikan tapi mampu merangsang emosi untuk membeli produk yang diiklankan walaupun tidak dibutuhkan. Artinya iklan mampu mempengaruhi pengambilan keputusan yang dikonstruksi oleh iklan dengan memanfaatkan kekuatan media sehingga dapat membentuk gaya hidup cenderung konsumtif. Hasilnya menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap iklan lebih kritis serta perilaku belanja lebih selektif serta gaya hidup yang lebih positif. Artinya siswa lebih selektif dalam menentukan pilihan produk yang dibutuhkan serta memilih kualitas yang lebih baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jisip

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Focus : Jurnal ISIP: Jurnal Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik is to publish research articles and literature studies within the field of an advanced understanding and how share of knowledge, produce new finding, sharing and collaboration in field of Communication, Politics, International ...