English Education: English Journal for Teaching and Learning
Vol 6, No 2 (2018)

Improving Listening Mastery by Using Dictogloss Technique at the VIII Grade Students of SMP Negeri 2 BatangAngkola

Fitri Khoirunnisah (Unknown)
Fitriadi Lubis (Unknown)
Sojuangon Rambe (IAIN Padanngsidimpuan)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah Listening siswa dalam bahasa Inggris. Masalah penting yang mempengaruhi listening siswa adalah: prestasi listening siswa rendah, siswa pasif di kelas, siswa merasa bingung dan sulit untuk melakukan tugas mendengarkan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan penguasaan listening dengan menggunakan teknik diktoglos pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 BatangAngkola dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan penguasaan listening dengan menggunakan teknik dictogloss pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 BatangAngkola. Terkait dengan tujuan penelitian, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 BatangAngkola. pada tahun akademik 2017/2018. Ada 24 siswa sebagai sample dan juga berkolaborasi dengan guru bahasa Inggris. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik catatan observasi, wawancara, dan tes (tes siklus 1 dan tes siklus 2). Peneliti menganalisis nilai rata-rata siswa dan menggunakan uji-t untuk mengetahui peningkatan signifikan penguasaan listening siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik dictogloss dapat meningkatkan penguasaan listening siswa termasuk siswa dapat mendengarkan dan melakukan tugas mendengarkan. Selain itu, peningkatan penguasaan listening siswa dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata tes listening pada siklus pertama adalah 58,95 (16,66%) dan tes listening pada siklus kedua adalah 74,79 (25%). Berdasarkan catatan pengamatan menyatakan situasi kelas juga membaik. Perbaikan situasi kelas termasuk: Sebagian besar siswa aktif dan komunikatif selama proses belajar mengajar dan siswa mulai lebih antusias dalam mendengarkan kelas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

EEJ

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

English Education: English Journal for Teaching and Learning which is later called EEJ is a journal published by Tarbiyah and Teacher Training Faculty IAIN Padangsidimpuan every June and December. EEJ focuses on teaching and learning of English as a foreign language. English Education : English ...