Latar Belakang : Keberhasilan anak dalam proses pembelajaran tidak hanya dipengaruhi oleh faktor guru melainkan dapat dipengaruhi juga oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi belajar anak adalah konsentrasi. Gangguan konsentrasi dapat mengganggu aktivitas belajar anak, sehingga diperlukan latihan brain gym sebagai stimulus untukmemperbaiki gangguan tersebut. Tujuan Penelitian : Menganalisa Efektivitas Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Kelas VI Sekolah Dasar Kristen Kanaan Banjarmasin 2018. Metode : Penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan desain time series dengan melibatkan 41 responden yang direkrut dari anak kelas VI Sekolah Dasar Kristen Kanaan Banjarmasin menggunakan consecutive sampling. Responden diberikan intervensi berupa brain gym 3 kali seminggu selama 5 minggu. Evaluasi tingkat konsentrasi dilakukan pada setiap akhir minggu menggunakan Grid Consentration Exercise. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai (p value < 0,05). Hasil : Konsentrasi belajar anak meningkat secara signifikan selama penelitian dengan menggunakan intervensi latihan brain gym berdasarkan hasil skor Grid Consentration Exercise pada pretest-posttest V. Hal ini dibuktikan dengan uji Friedman dan Post-Hoc Wilcoxon yang menunjukkan nilai p value kurang dari 0,05. Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa latihan brain gym efektif dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak Sekolah Dasar Kristen Kanaan Banjarmasin.
Copyrights © 2019