Gagasan Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 2 (2020)

Pengembangan Majalah Invertebrata sebagai Sumber Belajar Siswa SMA pada Subkonsep Invertebrata

Yoelinda Prilia Nurasih (Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Indria Wahyuni (Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Suroso Mukti Leksono (Jurusan Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan majalah invertebrata sebagai sumber belajar siswa pada subkonsep invertebrata dan untuk mengetahui kelayakan serta respon siswa terhadap majalah invertebrata ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 3D (define, design, dan develop). Tahap define dilakukan beberapa analisis, yaitu analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis materi. Tahap design dilakukan pengumpulkan data dan penyusunan storyboard sehingga menghasilkan produk awal. Tahap develop dilakukan uji validitas produk yaitu uji ahli dan uji terbatas berupa uji respon siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2018 hingga Mei 2019 di salah satu SMA di Kota Serang, Banten, Indonesia. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket kelayakan majalah invertebrata dengan kriteria kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan kegrafikan serta angket respon siswa. Pada penilaian ahli, kelayakan majalah invertebrata memperoleh nilai 97,5%, dan hasil uji respon siswa memperoleh nilai 98%, keduanya termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil penilaian uji ahli dan respon siswa dapat disimpulkan bahwa majalah invertebrata pada subkonsep invertebrata untuk siswa SMA kelas X sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

GAGASAN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Gagasan Pendidikan Indonesia contains research publications in the field of education such as Model and Modelling, Integrated STEM Education, STEAM Education, Scientific Argumentation, Socio-Scientific Issue Based Teaching and Learning, Model Based Integrated Inquiry in STEM, Model Based Teaching ...