Gagasan Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 2 (2020)

Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19

Rio Erwan Pratama (SMA Negeri 1 Belitang)
Sri Mulyati (Penilik PAUD, Dinas Pendidikan Kabupaten OKU)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pembelajaran daring dan pembelajaran luring dapat berjalan dengan baik, agar tujuan pendidikan bisa tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologi untuk mencari tahu bagaimana penerapan pembelajaran daring dan pembelajaran luring di salah satu SMA di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, Indonesia. Langkah-langkah penelitian ini meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Dari hasil penelitian terdapat ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya akan tetapi bisa diselesaikan dengan baik oleh guru demi mencerdaskan perserta didik. Baik sistem pembelajaran daring dan luring diharapkan guru dapat kreatif dalam mendidik peserta didik, supaya keberhasilan pembelajaran bisa tercapai dengan baik atau efektif. Penelitian ini memberikan informasi bahwa guru sebenarnya lebih memilih pembelajaran luring di mana bisa berinteraksi dengan siswa, dan juga siswa lebih menyukai pembelajaran luring dengan adanya tatap muka

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

GAGASAN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Gagasan Pendidikan Indonesia contains research publications in the field of education such as Model and Modelling, Integrated STEM Education, STEAM Education, Scientific Argumentation, Socio-Scientific Issue Based Teaching and Learning, Model Based Integrated Inquiry in STEM, Model Based Teaching ...