STUDI PELAKSANAAN SELFMEDICATION PADA PENDERITA DIARE BERDASARKAN TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT PESISIR KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE
Vol 4 No 4 (2020): November (2020)

ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN PERISTIWA ALAM UNTUK ANAK TINGKAT SEKOLAH DASAR

Hanif, Aswar (Unknown)
Martanto, Markus Lilik (Unknown)
Adianto, Harna (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Materi pengetahuan alam pada sekolah dasar, cenderung mengarah kepada lingkungan, dan lebih baik dijelaskan menggunakan alat peraga sebagai strategi untuk lebih mudah mengingatnya. Dengan perkembangan teknologi informasi, alat peraga digital menggunakan multimedia lebih mudah dihasilkan, dan bisa digunakan sebagai alat bantu belajar karena pada umumnya bisa meningkatkan motivasi dan menambah interaksi antara pengguna dan aplikasinya. Meta analisis menunjukkan belajar menggunakan animasi memberikan pengaruh positif secara keseluruhan, dibanding menggunakan gambar statis. Pelajaran tematik tingkat sekolah dasar mengenai peristiwa alam, memiliki sub tema yang membahas siang dan malam, serta macam-macam cuaca. Untuk itu dibangun sebuah aplikasi belajar menggunakan multimedia dan animasi interaktif untuk materi ini, dengan harapan bisa membantu motivasi anak-anak dalam mempelajarinya. Aplikasi dibangun menggunakan Model SDLC Waterfall, dengan kelebihannya yang mudah untuk diimplementasikan karena bersifat linier. Secara umum, aplikasi yang dihasilkan sudah sesuai dengan harapan. Materi pembelajaran peristiwa alam yang dipresentasikan dalam bentuk multimedia dan animasi interaktif membuat anak lebih termotivasi untuk mencoba mempelajarinya. Penggunaan gambar, gerakan, dan audio yang menjelaskan mengenai peristiwa alam, memberikan variasi media belajar yang bisa digunakan bersamaan dengan metode kovensional.

Copyrights © 2020