Jurnal Dinamis
Vol 1 No 12 (2016): DINAMIS

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA PETI KEMAS

Victor F. Pasalbessy (Sekolah Tinggi Ekonomi Port Numbay Jayapura)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1). menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan; (2). menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan; (3). mengetahui variabel yang berpengaruh secara dominan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian mengemukakan bahwa analisis secara simultan dapat diketahui bahwa : jika kualitas pelayanan (X1) dan tingkat harga (X2) meningkat, maka akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Hubungan antara X1 dan X2 terhadap Y sangat sama-sama memberikan kontribusi dalam mempengaruhi Y (kepuasan pelanggan) sebesar 74,90% sedangkan sisanya 25,10% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain. Secara parsial diketahui bahwa: apabila kualitas pelayanan (X1) sama dengan nol maka akan diperoleh besarnya kepuasan pelanggan sebesar 8,933. Selanjutnya jika kualitas pelayanan dinaikkan 1 satuan, maka akan menyebabkan kenaikan kepuasan pelanggan sebesar 0.385. Sedangkan hubungan antara kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,492, sehingga dapat dikatakan bahwa Kualitas Pelayanan memberikan kontribusi kepada kepuasan pelanggan sebesar 24,20 persen, dan sisanya 75,80 persen dipengaruhi oleh variabel lain. Selanjutnya apabila tingkat harga (X2) sama dengan nol maka akan diperoleh besarnya kepuasan pelanggan sebesar 3,292. Selanjutnya jika tingkat Harga dinaikkan 1 satuan, maka akan menyebabkan kenaikan kepuasan pelanggan sebesar 1,092. Sedangkan hubungan antara tingkat Harga (X2) terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,861, sehingga dapat dikatakan bahwa tingkat Harga memberikan kontribusi kepada kepuasan pelanggan sebesar 74,20 persen, dan sisanya 25,80 persen dipengaruhi oleh variabel lain. Dari hasil analisis baik secara simultan dan secara parsial dapat diketahui bahwa secara dominan dapat dilihat bahwa variabel harga (X2) yang mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y)

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

dinamis

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Jurnal DINAMIS merupakan jurnal ilmiah yang pertama kali diterbitkan oleh Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M). Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ini sebagai media penyebarluasan informasi ilmu pengetahuan dan ...