SPIN: Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia
Vol. 2 No. 1 (2020): Januari - Juni 2020

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Ida Marhamah (UIN Mataram)
Yahdi Yahdi (Divisi Pend. Kimia Himpunan Kimia Indonesia)
Siti Hajaroh (UIN Mataram)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Praya Barat Daya Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan tehnik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes essay. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji-t test menggunakan SPSS16,0 for windows, sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SMAN 1 Praya Barat Daya terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga, dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Praya Barat Daya Tahun Pelajaran 2018/2019, hal ini terbukti bahwa perlakuan yang berbeda akan mendapatkan hasil yang berbeda pula.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

spin

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

SPIN adalah jurnal berkala yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Tadris Kimia FTK UIN Mataram. Jurnal ini berisi artikel yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analitis kritis kepustakaan khususnya di bidang kimia dan pendidikan kimia. SPIN: ...