JISO : Journal of Industrial and Systems Optimization
Vol 2, No 1 (2019): Juni 2019

PERENCANAAN STRATEGI PT. X DENGAN PENDEKATAN MANAJEMEN STRATEGI

Gusti Adriansyah (Progam Studi Teknik Industri Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo, Indonesia)
Adi Pramono (Progam Studi Teknik Industri Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

PT. X merupakan home industry yang bergerak dibidang pembuatan knalpot di daerah Krian, kabupaten Sidoarjo. Hasil produksi knalpot PT. X ini sangat diminati oleh masyarakat luas, khususnya di wilayah Sidoarjo dan sekitarnya. Meski demikian, produk knalpot di Sidoarjo ini memiliki banyak kompetitor. Saat ini PT. X belum membuat perencanaan strategi dengan baik. Dari hasil survei, diketahui beberapa variabel lingkungan yang mempengaruhi perusahaan, diantaranya adalah lokasi PT. X, kegiatan promosi, jumlah tenaga kerja, dan jenis produk yang dihasilkan. Metode yang digunakan dalam penentuan strategi ini adalah metode analisis SWOT. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai tertimbang IFE sebesar 2,75 dan EFE sebesar 2,20.  Pada matriks IE menunjukkan posisi Home Industry PT. X berada pada kuadran V. Pada posisi kuadran ini, strategi yang terpilih adalah strategi pertahankan dan pelihara. Sedang pada matriks CPM skor tertinggi sebesar 3,51 merupakan nilai dari pesaing utama PT. X.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jiso

Publisher

Subject

Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Transportation

Description

JISO merupakan jurnal ilmiah yang menjadi wadah bagi para peneliti, akademisi dan praktisi untuk mempublikasikan hasil penelitiannya di bidang rekayasa sistem dan industri diterbitkan oleh LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif (eISSN 2622-898X) (pISSN 2622-8971). Dengan fokus dan materi tentang ...