BINOMIAL : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Binomial

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X DI SMA NEGERI 2 GOWA

Sri Inka Ramdhani (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Nurul Magfirah (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Hilmi Hambali (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa pada materi virus kelas X di SMA Negeri 2 Gowa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian yang digunakan yaitu posttest-only control group desaign, yaitu setelah proses pembelajaran dilakukan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 6 sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan mengenai hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis satistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 77,02 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 69,38. Hasil analisis data uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test didapatkan Sig sebesar 0,003 dan nilai tingkat signifikansinya (α) adalah 0,05, hal ini menunjukkan bahwa nilai Sig lebih kecil dari nilai tingkat signifikansi (α). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa pada materi virus.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

binomial

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Binomial adalah jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros yang mempublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiah dalam pengembangan ilmu biologi dan pendidikan. Terbit Edisi Maret dan Edisi ...