BINOMIAL : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Binomial

PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR BIOLOGI KONSEP MONERA SISWA KELAS X SMA

Harfika harfika (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Rahmatia Thahir (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Hilmi Hambali (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap minat belajar biologi konsep monera pada siswa kelas X di SMAN 9 Makassar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy eksperimen) dengan bentuk desain Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Mia sebanyak 8 kelas dengan jumlah 274 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIA 7 sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA 6 sebanyak 32 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket terdiri dari 25 pernyataan yang sudah di validasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah Independent Samples T-test. Hasil uji analisis Independent Samples T-test pada minat belajar siswa didapatkan nilai Sig (2-tailed) 0,008<0,05. Hal ini berarti H0 di tolak dan H1 diterima atau dengan kata lain ada pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap minat belajar biologi konsep monera pada siswa kelas X MIA di SMA Negeri 9 Makassar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

binomial

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Binomial adalah jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros yang mempublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiah dalam pengembangan ilmu biologi dan pendidikan. Terbit Edisi Maret dan Edisi ...