Transportasi adalah sesuatu hal yang sangatlah penting pada saat ini. Standar baku kehidupan manusia adalah bertambahnya keinginan untuk mewujudkan layanan transportasi yang lebih tinggi. Beberapa orang menjadikan transport sebagai alat untuk dapat menghasilkan pemasukan. Jasa layanan transportasi di Indonesia pada umumnya dan di Wonogiri pada khususnya memiliki pemecahan bentuk. Salah satu bentuk layanan transportasi adalah menggunakan kendaraan roda dua, yang dikenal dengan sebutan ojek. Popularitas dari ojek semakin meningkat dengan adanya ojek online di Indonesia. Namun hal itu memunculkan dampak dalam perekonomian khususnya keberadaan ojek konvensional (pangkalan). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak ojek online terhadap ojek konvensional di Pangkalan Ojek Terminal Lama Wonogiri. Hasil penelitian menunjukan bahwa ojek online memberikan dampak terhadap berkurangnya pendapatan di pangkalan ojek konvensional. Ojek konvensional Terminal Lama Wonogiri tidak siap untuk bersaing dengan ojek online khususnya dalam mengikuti keinginan pelanggan maupun memberikan kepuasan Pelanggan. Tetapi semangat para anggota pangkalan ojek konvensional yang tidak berkurang setelah keberadaan ojek online. Saran agar anggota pangkalan ojek konvensioanal Terminal Lama Wonogiri lebih tanggap dan aktif dalam menggali keinginan pelanggan, lebih komunikatif dengan pelanggan, atau membuat kotak saran & kritik yang ditaruh di pangkalan. Selain itu, diperlukan untuk membuat suatu standar dalam mengoperasikan ojek dalam memberikan pelayanan jasa kepada pelanggan.
Copyrights © 2020