Penelitian ini berangkat dari permasalahan masih rendahnya kualitas proses pembelajaran tematik di kelas, dan kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menghasilkan rancangan pembelajaran tematik berbasis lingkungan di MI Nurul Haromain Kulon Progo Yogyakarta kelas V dalam menumbuhkan kreatifitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau “Research and Development†(R&D) dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1)melakukan penelitian pendahuluan, 2)perencanaan, 3)pengembangan prototipe model pembelajaran meliputi: pemetaan KI dan KD dengan tema yang dipilih, peta tema, 4) uji ke Subjek penelitian diambil sebanyak dua puluh dua orang siswa. Sekolah yang dipilih adalah MI yang memang kondusif untuk berlangsungnya pembelajaran tematik berbasis lingkungan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Penelitian ini menghasilkan pengembangan bahan ajar yang dikemas dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media dan sumber belajar. Hasil dari penerapan bahan ajar tersebut, siswa lebih antusias dalam proses pembelajaran, karena dalam proses pembelajarannya siswa tidak hanya mendapatkan pemahaman terhadap pelajaran, namun juga sikap tanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan. Penerapan perencanaan pembelajaran ini mencangkup empat ranah kognitif, afektif, spiritual dan psikomotorik, sehingga layak digunakan guru dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2019