Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia
Vol 1 No 1 (2019): Pedagogia

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS LINGKUNGAN KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HAROMAIN KULONPROGO YOGYAKARTA

Yunaini, Norma (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan masih rendahnya kualitas proses pembelajaran tematik di kelas, dan kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menghasilkan rancangan pembelajaran tematik berbasis lingkungan di MI Nurul Haromain Kulon Progo Yogyakarta kelas V dalam menumbuhkan kreatifitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau “Research and Development” (R&D) dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1)melakukan penelitian pendahuluan, 2)perencanaan, 3)pengembangan prototipe model pembelajaran meliputi: pemetaan KI dan KD dengan tema yang dipilih, peta tema, 4) uji ke Subjek penelitian diambil sebanyak dua puluh dua orang siswa. Sekolah yang dipilih adalah MI yang memang kondusif untuk berlangsungnya pembelajaran tematik berbasis lingkungan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Penelitian ini menghasilkan pengembangan bahan ajar yang dikemas dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media dan sumber belajar. Hasil dari penerapan bahan ajar tersebut, siswa lebih antusias dalam proses pembelajaran, karena dalam proses pembelajarannya siswa tidak hanya mendapatkan pemahaman terhadap pelajaran, namun juga sikap tanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan. Penerapan perencanaan pembelajaran ini mencangkup empat ranah kognitif, afektif, spiritual dan psikomotorik, sehingga layak digunakan guru dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia diperuntukkan sebagai media publikasi hasil penelitian ilmiah bagi dosen, guru, peneliti, dan pemerhati pendidikan dasar. Setiap naskah yang diserahkan akan disunting secara peer-review, dengan tahapan editing oleh session editor dan ditinjau oleh ...