Kenyataan bahwa masih banyak anak-anak berkebutuhan khusus yang berada di Indonesia ini belum mendapatkan pendidikan, maka dilakukan suatu solusi kepada anak-anak berkelainan untuk memperoleh pendidikan di sekolah umum di sekolah dasar terdekat. Pola pendidikan seperti ini disebut pendidikan inklusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bagaimana dampak dari pola pembelajaran yang diterapkan di sekolah inklusi Sada Ibu Cirebon terhadap anak berkebutuhan khusus, untuk menjelaskan bagaimana pola pembelajaran di Sekolah Dasar Sada Ibu serta menggambarkan respon peserta didik dan orang tua terhadap pola pembelajaran yang diterapkan di Sekolah Dasar Sada Ibu. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa pola pembelajaran di Sekolah Dasar Sada Ibu menggunakan Pola pembelajaran adaftif, sedangkan model pelayanan inklusif yang digunakan adalah dengan menggunakan pengkombinasian berbagai macam pola pelayanan inklusif namun seringnya pola pelayanan kelas reguler dengan pull out lah yang sering digunakan. Respon anak dan orang tua terhadap pola pembelajaran inklusif di Sekolah Dasar Sada Ibu dalam hal ini menunjukkan hal yang positif, hal ini dibuktikan sebanyak 100% anak (peserta didik) menyatakan senang belajar di Sekolah Sada Ibu. Dan 50% dari orang tua murid menyatakan cukup puas terhadap pola pembelajaran inklusif yang diterapkan di Sekolah Dasar Sada Ibu ini.
Copyrights © 2018