JURNAL ABDIMAS TRIDHARMA MANAJEMEN
Vol 1, No 2 (2020): ABDIMAS

PENGENALAN STANDAR ISO DALAM MENINGKATKAN KINERJA SDM PADA YAYASAN PONDOK PESANTREN DAN PANTI ASUHAN NURUL IHSAN

Jamaludin Jamaludin (Universitas Pamulang)
Suharni Rahayu (Universitas Pamulang)
Sinta Sulistiani (Universitas Pamulang)
Hendri Prasetyo (Universitas Pamulang)
Gos Ishak (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
08 May 2020

Abstract

Pengabdian ini berjudulPengenalan Standar ISO Dalam Meningkatkan Kinerja Sdm Pada Yayasan Pondok Dan Panti Asuhan Nurul Ihsan. Penerapan ISO 9001:2008 sebagai perbaikan sistem manajemen mutu dalam organisasi akan memberikan dampak positif pada sikap individu pegawai yaitu kinerja pegawai. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan ISO dalam meningkatkan kinerja SDM pada Pondok Pesanteren Nurul Ihsan, dan untuk mengetahui pengaruh implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 terhadap kinerja SDM Nurul Ihsan.Adapun metode yang dilakukan dalam PKM ini adalah Presentation dengan memberikan presentasi materi yang berkaitan dengan ISO, Metode Discuss dengan cara memberikan kesempatan kepada mitra memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan tema PKM, metode Case dengan cara memberikan informasi terkait dengan kasus keberhasilan lembaga yang sudah menerapkan ISO, dan metode Evaluation dengan cara melakukan evaluasi terhadap apa yang sudah dilakukan oleh pihak mitra dan memberikan solusi apa yang akan dilakukan jika mau menerapkan system manajemen mutu ISO 9001:2008.Hasil dari PKM ini dapat memberikan pemahaman kepada Pondok Pesantren Nurul Ihsan dalam menerapkan dan mengimplementasikan ISO 9001: 2008 kedepannya.Implementasi ISO 9001:2008 sangat dipengaruhi oleh sumber daya manusia, yaitu pegawai. Pegawai merupakan sumber daya penting dalam Implementasi ISO 9001:2008 itu sendiri karena pegawailah yang merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi keefektifan pelaksanaan ISO 9001:2008 dalam meningkatkan kinerja pegawai. Penerapan ISO 9001:2008 sebagai perbaikan sistem manajemen mutu dalam organisasi akan memberikan dampak positif pada sikap individu pegawai yaitu kinerja pegawa Sistem Manajemen Mutu memberikan jaminan mutu terhadap semua proses yang dijalankan, jika sebuah produk baik barang maupun jasa dari sisi proses sudah berkualitas maka output yang dihasilkan secara tidak langsung dapat dikatakan berkualitas atau bermutu. Hal ini disebabkan karena sistem manajemen mutu merupakan pendekatan yang dilakukan dari sisi proses, dimana pendekatan ini memiliki keterkaitan dengan pendekatan sistem dan pendekatan fakta yang berfungsi untuk mengukur keberhasilan program secara menyeluruh. Pendekatan proses ini tidak terlepas dari masukan (input) dan hasil proses (output). Pendekatan proses dalam SMM ISO 9001 memberikan dampak kepada organisasi terutama dalam kinerja. Salah satu faktor yang dapat berpengaruh terhadap pencapaian peningkatan kepuasan kerja pegawai adalah dengan melakukan perbaikan sistem manajemen mutu organisasi.Kata Kunci: Manajemen Mutu, ISO 9001:2008

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ABMAS

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen : jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Mei dan September oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. ...