Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 2 (2020)

Pengaruh Pembelajaran ICT dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Usia Dini

Riskha Hanifa Nasution (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
Hapidin Hapidin (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)
Lara Fridani (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran ICT dan minat belajar terhadap kesiapan membaca, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian seluruh anak TK B usia 5-6 tahun di Kabupaten Pasaman Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling. Teknik analisis data menggunakan ANAVA. Hasil penelitian menemukan bahwa 1) Terdapat perbedaan kesiapan membaca anak yang menggunakan pembelajaran ICT berbasis interaktif dan berbasis non interaktif. Hasil perhitungan ?= 0,05 di peroleh Fhitung untuk pembelajaran ICT sebesar 5,849 sedangkan Ftabel 4,11. 2) Terdapat perbedaan kesiapan membaca antara anak yang memiliki minat belajar tinggi dan minat belajar rendah. Hasil perhitungan ?= 0,05 diperoleh Fhitung untuk minat belajar sebesar 4,588 sedangkan Ftabel 4,11. 3) Pengaruh interaksi pembelajaran ICT dan minat belajar terhadap kesiapan membaca anak. Hasil perhitungan ?= 0,05 diperoleh Fhitung Ftabel (74,602 4,11). Dampak dari penelitian ini adalah guru lebih memahami cara penggunaan pembelajaran ICT pada anak usia dini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...