Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang
Vol 17, No 2 (2019): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K

STUDI KOMPARATIF KINERJA GURU SEBELUM DAN SESUDAH PROGRAM SERTIFIKASI

Hermansyah - (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2020

Abstract

penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Kinerja Guru pada Madrasah Aliyah Negeri Sintang sebelum dan sesudah Sertifikasi. penelitian ini termasuk penelitian komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sintang yang telah dinyatakan lulus sertifikasi berjumlah 20 Orang guru. jumlah sampel yang diambil sebanyak populasi atau diambil semuanya sebanyak 20 orang guru. Hal ini dilakukan karena jumlah populasi (20 orang guru) kurang dari 100. Hasil penelitian menunjukan: (1). Secara kualitatif sertifikasi berdampak positif terhadap peningkatan kinerja guru dalam menentukan bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan/indikator pembelajaran; Mengembangkan dan mengorganisasi materi, menentukan tema, media, dan sumber; Merencanakan skenario pembelajaran; Merancang pengelolaan kelas pembelajaran; Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan alat penilaian pembelajaran; Melaksanakan kegiatan pembelajaran; Melaksanakan kegiatan pembelajaran; Melaksanakan kegiatan pembelajaran; Serta melaksanakan kegiatan pembelajaran. (2). Terdapat perbedaan yang signifikan kinerja guru sebelum dan sesudah dinyatakan lulus sertifikasi dimana nilai (P) value atauSig. (2-tailed) = 0,000 dan lebih kecil dari nilai a =0,05. Selisih rata-rata mengambarkan kenaikan guru kinerja guru sebelum dan sesudah lulus sertifikasi adalah sebesar 18,05. Hubungan yang signifikan antara kinerja guru sebelum sertifikasi dan sesudah sertifikasi sangat kuat dengan Nilai r = 0,918. Kenaikan guru kinerja guru sebesar 18,05 terjadi karena adanya setifikasi guru yang diyakini bahwa 84% peningkatan kinerja guru merupakan dampak dari sertifikasi guru dan 16% disebabkan faktor lain di luar variabel penelitian.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fisip

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

FOKUS, Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, kali ini memulai tampil dalam kemasan baru. Tampilan dan gaya baru bukanlah berarti menafikkan eksistensi dan substansi keilmuan, terutama ranah kajian administrasi publik. Terbitan ke 17 nomor 1, Maret 2019, tentunya banyak harapan dan tantangan yang masih ...