Sumba Journal of Research and Mathematics Education
Vol. 2 No. 1 (2020)

Analisis Kesalahan Siswa SMAN 1 Kota Tambolaka Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Induksi Matematika Dengan Panduan Criteria Polya

Yanuarius Bani (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Weetebula)
Dekriati Ate (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Weetebula)
Edi Wahyudi (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Weetebula)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2020

Abstract

Salah satu pokok bahasan yang sering dianggap sulit bagi siswa dalam mata pelajaran matematika adalah materi pokok bahasan induksi matematika  karena membutuhkan pemikiran dan penalaran yang kritis serta memerlukan abstraksi yang logis. Mengingat pentingnya materi pokok bahasan induksi matematika, maka diperlukan suatu pendekatan agar materi dapat terserap oleh siswa. Hal itu dapat diapresiasikan dengan pendekatan langkah-langkah Polya. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada pokok bahasan induksi matematika dengan panduan kriteria Polya. Subyek penelitian diambil 5 siswa dari 27 siswa kelas XI IBB SMAN 1 Kota Tambolaka, Pengambilan subjek penelitian didasarkan pada ranking siswa yang melakukan kesalahan dari hasil tes. Tes yang digunakan berbentuk uraian sebanyak 5 soal. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil tingkat persentase kesalahan siswa dengan panduan criteria Polya diperoleh data bahwa kesalahan siswa dalam memahami masalah sebesar  ,  kesalahan dalam  membuat rencana penyelesaian sebesar 3%, kesalahan siswa dalam melaksanakan penyelesaian sebesar 35%, dan kesalahan dalam memeriksa kembali sebesar 45%Kata kunci:Analisis, Kesalahan,  Induksi Matematika, Criteria Polya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppms

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) |p-ISSN : 2714-8939 , e-ISSN : 2714-8947| merupakan wahana bagi para peneliti khususnya dibidang pendidikan matematika dalam mengembangkan teknologi pendidikan dan teori-teori pendidikannya khususnya dibidang matematika. Jurnal ini diterbitkan ...