Sumba Journal of Research and Mathematics Education
Vol. 1 No. 1 (2019)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Materi Pokok Pangkat Tak Sebenarnya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX B SMPK St. Paulus Karuni

Kornelia Nasriani Dendo (STKIP Weetebula)
Dekriati Ate (LMK STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
31 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa IX B SMPK St. Paulus Karuni pada Materi Pangkat Tak Sebenarnya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran.Pelaksanaan penelitian dilakukan pada proses pembelajaran semester genap yaitu bulan Januari 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX B SMPK St. Paulus Karuni tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 27 orang yang terdiri atas 18 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang dianalisis meliputi ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar secara klasikal.Hasil penelitian ini menunjukkan hasil test siklus I, 8 siswa yang tuntas mencapai 30% dan 19 siswa tidak tuntas mencapai 70%. Sedangkan pada tes siklus II, 23 siswa yang tuntas mencapai 85% dan 4 siswa tidak tuntas mencapai 15%. Dari hasil siklus I dan II hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI B SMPK St. Paulus Karuni.Kata Kunci: Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar, Pangkat Tak Sebenarnya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jppms

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) |p-ISSN : 2714-8939 , e-ISSN : 2714-8947| merupakan wahana bagi para peneliti khususnya dibidang pendidikan matematika dalam mengembangkan teknologi pendidikan dan teori-teori pendidikannya khususnya dibidang matematika. Jurnal ini diterbitkan ...