Sumba Journal of Research and Mathematics Education
Vol. 1 No. 1 (2019)

Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi SMKN1 Tambolaka

Naomi Bulu (SMP Kristen Rara, Sumba Barat Daya)
Dekriati Ate (LMK STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
31 May 2019

Abstract

Pokok permasalahan dalam penulisan ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) ada pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa di kelas x pertanian SMK Negeri 1 Kota Tamboaka. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian eksperimen, dimana penelitian eksperimen adalah penelitian yang membandingkan antara dua kelas. Dengan tujuan membandingkan model pembelajaran Studen Facilitator And Explaining dengan model pembelajaran konvensional pada materi relasi dan fungsi di kelas x pertanian SMK Negeri 1 Kota Tambolaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik Instrumen Tes dan teknik instrumen non tes. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah analisis parametrik, dalam analisis parametrik ada uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, ketika data berdistribusi normal dan homogen maka akan dilanjutkan teknik uji t. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran SFAE ada pengaruh yang positif terhadap hasil belajar dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran SFAE di peroleh nilai rata-rata 77,64 dan pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di peroleh nilai rata-rata 63,52. Berdasar data tersebut dari nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SFAE berhasil atau ada pengaruh terhadap hasil belajar.Kata kunci: SFAE, Hasil Belajar, Relasi dan Fungsi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jppms

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) |p-ISSN : 2714-8939 , e-ISSN : 2714-8947| merupakan wahana bagi para peneliti khususnya dibidang pendidikan matematika dalam mengembangkan teknologi pendidikan dan teori-teori pendidikannya khususnya dibidang matematika. Jurnal ini diterbitkan ...