Sumba Journal of Research and Mathematics Education
Vol. 1 No. 2 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL

Maria Thresia Wunda Deke (STKIP Weetebula)
Samuel Rex Making (STKIP Weetebula)
Dekriati Ate (STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai macam permasalahan, baik permasalahan matematis maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Berpikir kritis merupakan hal yang harus dikembangkan dalam pembelajaran khususnya pembelajaran matematika. Namun berdasarkan hasil pengamatan peneliti kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran konvensional. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah model pembelajaran reciprocal teaching. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas XMIA SMA St. Alfonsus Weetebula pada materi sistem persamaan linear tiga variabel tahun ajaran 2019/2020. Rancangan penelitian bersifat quasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purpose sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA St. Alfonsus Weetebula sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XMIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XMIA2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis non tes dan teknik tes, hasil dari teknik tes ini akan dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 16.0. Hasil penelitian uji hipotesis menunjukan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,003 lebih kecil dari nilai 0,05 (0,003 lebih kecil dari 0,05), kemudian pada nilai t diketahui  (3,068 lebih besar dari 1,999) sehingga dapat disimpulkan bahwa model reciprocal teaching berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.Kata kunci: kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jppms

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba (JPPMS) |p-ISSN : 2714-8939 , e-ISSN : 2714-8947| merupakan wahana bagi para peneliti khususnya dibidang pendidikan matematika dalam mengembangkan teknologi pendidikan dan teori-teori pendidikannya khususnya dibidang matematika. Jurnal ini diterbitkan ...