Maksimum : Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang
Vol 7, No 1 (2017): Articles

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI E COMMERCE DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA UMKM (STUDI KASUS UMKM DI WILAYAH KOTA SEMARANG)

Ayu Noviani Hanum (Unknown)
Andwiani Sinarasri (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2019

Abstract

E-Commerce sering disebut sebagai salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.) Besarnya potensi e-commerce tidak lepas dari perkembangan pengguna internet di Indonesia. Pada tahun 2015, pengguna internet di Indonesia mencapai 93,4 juta jiwa, meningkat cukup pesat jika dibandingkan dengan 88,1 juta jiwa pada 2014. Potensi e-commerce terlihat dari angka 77% dari penggunaan internetdigunakan untuk mencari informasi produk dan berbelanja online, pelanggan online shop yang mencapai 8,7 juta orang, dan  nilai transaksi yang diprediksi mencapai US$ 4,89 Miliar pada tahun 2016. Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Indonesia memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional. UMKM dituntut untuk melakukan perubahan dan inovasi untuk meningkatkan daya saing, salah satunya adalah dengan memanfaatkan e commerce.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor teknologi, organisasional, lingkungan dan individual terhadap adopsi e commerce serta menganalisis pengaruh adopsi e commerce terhadap kinerja UMKM. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara pada 100 UMKM di Kota Semarang. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakanperhitungan regresi berganda dengan menggunakan SPSS 20.0 untuk melihat pengaruh tidak langsung antara satu variable dengan variable lainnya.  Hasil uji t dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor teknologi dan faktor individual secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi e commerce. Sebaliknya  faktor organisasional secara parsial  berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap adopsi e commerce dan faktor lingkungan secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap adopsi e commerce pada UMKM di Kota Semarang. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan faktor kesiapan teknologi, organisasional, lingkungan dan individual berpengaruh secara bersama-sama terhadap adopsi e commerce pada UMKM di Kota Semarang.  Kata Kunci : e commerce, teknologi, organisasional, lingkungan dan individual

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

MAX

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

MAKSIMUM: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang with registered number ISSN: 2087-2836 (Print) and ISSN: 2580-9482 (Online), is a peer-reviewed journal published two times a year (Maret and September) Manage by Accounting Department, Faculty of Economics and published by Universitas ...