Tadbir Muwahhid
Vol. 4 No. 1 (2015): Jurnal Ta'Dibi

ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN YANG TERDAPAT DALAM KISAH NABI MUSA A.S DAN NABI KHAIDIR A.S SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK (KAJIAN Q.S.AL-KAHFI AYAT 60-82)

Sukri Indra (LPPM)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2017

Abstract

Kisah-kisah Al-Quran mengandung banyak ibroh (pelajaran) bagi manusia. Salah satu kisah yang menarik yaitu kisah pembelajaran antara Nabi Musa A.S dan Nabi Khaidir A.S yang banyak mengandung pelajaran bagi kita manusia khususnya di bidang pendidikan. Adapaun aspek-aspek pendidikan yang terdapat dalam kisah Nabi Musa A.S dan Nabi Khaidir A.S sebagaimana yang tertera dalam Q.S.Al-Kahfi ayat 60-82 yaitu: 1) motivasi belajar, 2) bepergian dalam menenuntut ilmu (rihlah), 3) sopan santun, 4) kewajiban menyampaikan ilmu, 5) kesabaran, 6) kepatuhan, 7) rasa ingin tahu, 8) Kritis, 9) keikhlasan, 10) metode mengajar berupa metode tanya jawab, karyawisata, demonstrasi, ceramah, 11) media pembelajaran berupa perahu, anak kecil dan dinding rumah. Adapun implikasinya terhadap pendidik adalah: 1) keikhlasan, 2) kewajiban menyampaikan ilmu, 3) pemilihan metode, 4) pemilihan media pembelajaran. Sedangkan implikasinya terhadap peserta didik adalah: 1) motivasai belajar, 2) bepergian dalam menuntut ilmu (rihlah), 3) sopan santun, 4) rasa ingin tahu, 5) kritis, 6) patuh kepada pendidik, 7) sabar dalam menuntut ilmu.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JTM

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Jurnal Tadbir Muwahhid is a periodic scientific journal published in Indonesian Language published twice in a year on every April and October. The manuscript submission process is open year-round. All submitted manuscripts are reviewed with blind-peer reviews and editorial reviews before being ...