Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara komprehensif pengaruh mutu layanan pendidikan dan kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan terhadap komitmen dari mahasiswa pada salah satu perguruan tinggi di Sekolah Tinggi Agama Islam di Bandung. Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa tahun ketiga dan keempat. Penelitian dilaksanakan selama bulan April hingga Agustus 2018. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kuantitatif metode survey menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Pengumpulan data dilakukan melalui cara kuesioner isian. Hasil pengujian terhadap hipotesis pertama disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif dari mutu layanan terhadap komitmen dengan nilai koefisien korelasi r13 = 0,507 dan nilai koefisien jalur ρ31 = 0,322. Pada pengujian hipotesis kedua disimpulkan terdapat pengaruh langsung positif kepuasan pelanggan terhadap komitmen dengan nilai koefisien korelasi r23 = 0,588 dan nilai koefisien jalur ρ32 = 0,458. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis ketiga disimpulkan terdapat pengaruh langsung positif mutu layanan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai koefisien korelasi r12 = 0,403 dan nilai koefisien jalur ρ21 = 0,403.
Copyrights © 2020