Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus
Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KINGDOM PLANTAE DI KELAS X SMA NEGERI 2 RANTAU UTARA

Maharani Gultom (STKIP Labuhan Batu)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar biologi siswa dengan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping pada materi pokok Kingdom Plantae di Kelas X IPA SMA Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017. Dengan teknik random sampling terpilih 2 sampel yaitu kelas X MIA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping. Sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan tanpa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping. Hasil belajar pada kelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi Postest sebesar 92 dan nilai terendah postest sebesar 52 dengan rata-rata 76,37. Kelas kontrol yang memperoleh nilai tertinggi postest sebesar 72 dan nilai terendah sebesar 38 dengan rata-rata sebesar 60,97. Berdasarkan penjabaran diatas peneliti memberikan saran kepada guru untuk mencari model pembelajaran aktif seperti model pembelajaran Mind Mapping agar siswa lebih tertarik dan aktif dalam pembelajaran. Pengujian hipotesis yaitu dengan diperolehnya nilai thitung = 6,34 > ttabel = 2,95 pada taraf signifikan α = 0,05 %, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kingdom plantae diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan model Mind Mapping lebih baik dalam mempengaruhi hasilk belajar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

nukleus

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologidibawah naungan LPPM Universitas Labuhanbatu. Jurnal ini diterbitkan dua kali ...