Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus
Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2015

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MEDIA CHARTA DAN MEDIA SLIDE PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS VIII MTs ALLIFUL IKHWAN SAA SILANG KITANG

Siti Suharni (STKIP Labuhan Batu)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2015

Abstract

Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan , kegagalan dalam belajar rata-rata di hadapi oleh sejumlah siswa yang tidak memiliki dorongan belajar .untuk itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan upaya membangkitkan motivasi belajar siswa , misalnya dengan menggunakan berbagai media ajar untuk membimbing siswa untuk terliobat langsung dalam kegiatan yang melibatkan siswa serta guru yang berperan sebagai pembimbing untuk menemukan konsep biologi. Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) bagaimanakah perbandingan hasil belajar siswa dengan di terapkannya pembelajaran menggunakan media power point dan media charta ? (b) bagaimankah pengaruh metode pembelajaran dengan menggunakan media power point terhadap hasil belajar biologi (c) bagaimanakah pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media charta terhadap hasil belajar biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah : (a) ingin mengetahui perbedaan hasil belajar siswa setelah diterapkan nya pembelajaran menggunakan media power point dan media chrarta . (b) ingin mengethaui phasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media power point dan charta . Penelitian ini adalah penelitian experimen , yang bertujuan ingin melihat perbedaan hasil belajar biologi setelah diterapkannya metode pembelajaran dengan menggunakan media charta dan media power point . sasdaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negri 3 Bilah Hulu. Dari hasil analisis di dapatkan hasil belajar dengan menggunakan media charta dan media power point rata-rata sebesar 3,41. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metpde pembelajaran menggunakan media power point lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran dengan media charta . hal ini dapat di lihat dari mean posttes sebesar 78,2.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

nukleus

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologidibawah naungan LPPM Universitas Labuhanbatu. Jurnal ini diterbitkan dua kali ...