Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus
Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2019

Penggunaan Tes Kinerja dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengembangan Program Pembelajaran Biologi di STKIP Labuhanbatu Kab. Labuhan Batu

Risma Delima Harahap (STKIP Labuhan Batu)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan tes kinerja dan hubungannya dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pengembangan program pembelajaran biologi. Penelitian ini dilakukan di STKIP Labuhanbatu Kabupaten Labuhanbatu dengan populasi 80 orang mahasiswa semester IV yang mana semua pupolasi dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket dan wawancara. Hasil analisis adalah tes kinerja mahasiswa jurusan pendidikan biologi STKIP Labuhanbatu pada mata kuliah pengembangan program pembelajaran biologi menunjukkan tes kinerja mahasiswa yang sangat baik dengan kesungguhan dan keaktifan mahasiswa dalam mengikuti proses belajar mengajar, bertanya, mengerjakan tugas, praktium dan melaksanakan pekerjaan rumah. Hasil belajar mahasiswa jurusan biologi semester IV pada mata kuliah pengembangan program pembelajaran biologi dari segi kualitas menunjukkan cukup baik sebagaimana minat dan motivasi belajar mahasiswa. Sedangkan dari segi kuantitas menunjukkan bahwa hasil belajar mata kuliah pengembangan program pembelajaran biologi mahasiswa cukup baik dan tinggi. Terdapat hubungan yang signifikan antara tes kinerja dengan hasil belajar mahasiswa jurusan biologi pada mata kuliah pengembangan program pembelajaran biologi di STKIP Labuhanbatu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nukleus

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologidibawah naungan LPPM Universitas Labuhanbatu. Jurnal ini diterbitkan dua kali ...