Jurnal EXCHALL (Economic Challenge)
Vol 1 No 2 (2019): Edisi Agustus

Pengaruh Harga Pokok Penjualan Terhadap Volume Penjualan Notebook Pada CV Mitra Indexindo Pratama Kota Cirebon

Kresnha Kresnha (Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2021

Abstract

Perkembangan zaman yang sangat cepat mendorong manusia untuk lebih maju mengikuti zaman khususnya dalam bidang teknologi dan informasi. Notebook adalah salah satu teknolgi yang sangat diminati saat ini. Para konsumen saat ini semakin pintar dalam menentukan pilihan saat mereka ingin membeli Notebook. Banyak perusahaan yang berdiri membuka perusahaan dibidang teknologi dan informasi. Dalam penelitian ini sebagai objek penelitian yaitu “ CV Mitra Indexindo Pratama Kota Cirebon ’’. Para konsumen mengingikan harga yang sangat rendah, oleh karena itu “ CV Mitra Indexindo Pratama Kota Cirebon ” harus menekankan harga pokok penjualan yang sangat rendah. Harga pokok penjualan yang rendah perusahaan bisa bersaing dan perusahaan bisa meningkatkan volume penjualan sehinga perusahaan mendapatkan laba yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa kuat Pengaruh Harga Pokok Penjualan Terhadap Volume Penjualan Notebook Pada “ CV Mitra Indexindo Pratama Kota Cirebon ”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan assosiatif dengan variabel independen ( X ) Harga Pokok Penjualan dan variabel dependen Volume Penjualan ( Y ). Teknik pengumpulan data yang diambil penulis adalah studi kepustakaan, observasi, populasi dan sampel, dokumentasi, dan data sekunder berupa data keuangan perusahaan. Hasil penelitian dapat diketahui koefisien korelasi sebesar 0.732 antara harga pokok penjualan terhadap volume penjualan yang dapat diartikan mempunyai hubungan sangat kuat. Sedangkan dari hasil uji signifikan dapat dihasilkan t hitung sebesar 6,271 lebih besar dari t table sebesar 1,691 artinya membuktikan bahwa Ho ditolak, dan Ha diterima. Dalam pengujian koefisien determinasi di dapatkan hasil sebesar 53,63% menunjukan harga pokok penjualan mempunyai pengaruh kuat terhadap volume penjualan, sedangkan 46,37% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Dan dalam regresi linier sederhana dihasilkan persamaan Y = 238,51 + 1,161X, jika X=0 artinya jika tidak ada harga pokok penjualan maka perusahaan tidak bisa menekankan harga jual sehingga perusahaan akan kesulitan menentukan laba dan tidak adanya volume penjualan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

exchall

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Exchall (Economic Challenge) merupakan publikasi ilmiah resmi dari Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon yang menggunakan media online system (OJS). Jurnal ini juga merupakan versi online dari jurnal ekonomi versi cetak yang sebelumnya telah terbit yang ber issn 2302-7169 yang ...