Jurnal Investasi
Vol 4 No 2 (2018): JURNAL INVESTASI NOPEMBER 2018

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PELANGGAN PRODUK FLORIDINA

Surianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada produk Floridina di PT. Multi Inti Parahiyangan Depo Jatibarang, Indramayu. Data diperoleh dengan observasi, wawancara dan kuisioner terhadap 94 responden pelanggan PT. Multi Inti Parahiyangan. Kualitas produk Floridina pada PT. Multi Inti Parahiyangan yaitu mencapai 79,90% termasuk kedalam kategori baik. Tingkat harga pada produk Floridina pada PT. Multi Inti Parahiyangan yaitu mencapai 90,85 % termasuk ke dalam kategori Sangat Baik. Loyalitas pelanggan pada produk Floridina di PT. Multi Inti Parahiyangan yaitu mencapai 88,66 % termasuk ke dalam kategori Sangat Baik. Hasil dari persamaan analisis regresi berganda untuk dua prediktor diperoleh Y= (-6,437) + 1,079 X1 + (-0,0125) X2 Hasil analisis korelasi X1 terhadap Y yaitu r x1y = 0,12 membuktikan bahwa terdapat pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan yang sangat rendah dan positif. Sedangkan besarnya pengaruh X1 terhadap Y dapat dilihat dari hasil koefisien determinasi kd x1y = sebesar 1,45% dan sisanya 98,55% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Hasil Uji hipotesis dengan menggunakan uji (t) diperoleh t hitung x1y = 1,160 dengan ttabel = 1,980 sehingga (1,160 < 1,980) maka Hipotesis awal diterima dan Hipotesis alternatif ditolak. Hasil analisis korelasi X2 terhadap Y yaitu r x2y = (- 0,81) membuktikan bahwa terdapat hubungan pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan yang sangat kuat dan negatif. Sedangkan besarnya pengaruh X2 terhadap Y dapat diihat dari hasil koefisien determinasi kd x2y = sebesar 65,61% Sedangkan sisanya 34,39% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Uji hipotesis dengan menggunakan uji (t) diperoleh t hitung x2y = (- 13,324) dengan ttabel = 1,980 sehingga (- 13,324 < 1,980) maka Hipotesis awal diterima dan Hipotesis alternatif ditolak. Hasil analisis korelasi X1 dan X2 terhadap Y yaitu r x1x2y = 0,342 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan yang rendah dan positif. Dan besarnya pengaruh X1 dan X2 terhadap Y dari hasil koefisien determinasi kd x1x2y = 11,67% sedangkan sisanya 88,33% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti. Uji hipotesis dengan menggunakan uji (t) diperoleh t hitung x1x2y = 35,633 dengan ttabel = 1,980 sehingga (35,633 > 1,980) maka Hipotesis alternatif diterima dan Hipotesis awal ditolak

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

investasi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Investasi adalah jurnal yang diterbitkan setiap empat bulan sekali yaitu bulan april, agustus dan desember. Jurnal Investasi menerbitkan artikel-artikel imiah dalam cakupan bidang ilmu ekonomi. Artikel uang dimuat adalah artikel hasil penelitian,kajian atau telaah ilmiah kritis dan ...