Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1 No 2 (2015)

Upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Amuntai tahun pelajaran 2013/2014 melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD

Rakhmawati Rakhmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD serta untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPA 1 SMAN 1 Amuntai tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri atas 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, pengamatan, dan pencermatan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa lebih dari 85% siswa, aktivitasnya pada kriteria minimal tinggi, dan lebih dari 75% siswa memperoleh nilai tes ≥ KKM. Langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe STAD 100% terlaksana. Respons atau tanggapan siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD sangat positif.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...