Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 (2018)

Pengaruh pembelajaran kooperatif dengan tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemandirian belajar matematika mahasiswa

Astri Wahyuni (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap kemandirian belajar matematika mahasiswa program studi matematika FKIP UIR Tahun Ajaran 2017/2018 pada mata kuliah Aljabar Linear. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa matematika semester 3 (tiga) yang terdiri dari lima kelas, yaitu kelas 3A, 3B, 3C, 3D dan 3E. Sampel yang dipilih kelas 3B dan 3D. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik angket yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi TPS dengan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan konvensional dengan nilai Prestest (Sig 0,072) dan Postest (Sig 0,000 ). Selain itu, nilai kemandirian belajar mahasiswa pun berbeda antara kelompok eksperimen (Min. 85,76 dan SD. 7,47) dengan kelompok kontrol (Min. 83,97 dan SD 6,61). Maka dapat disimpulkan pembelajaran kooperatif dengan metode Think Pair Share (TPS) dapat mempengaruhi kemandirian belajar dan hasil belajar matematika mahasiswa program studi matematika FKIP UIR secara signifikan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...