Tunas Geografi
Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Tunas Geografi

KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN DUA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI SMA NEGERI 3 KISARAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Lilis Suriani Sitorus (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2013

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Number Head Together (NHT), dan Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi Biosfer Di Kelas XI SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa nilai tugas individu, nilai tugas kelompok dan tes, kemudian dianalisis dengan analisis statistik kuantitatif. Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) memiliki nilai rata – rata 73,53 dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division  (STAD) dengan rata – rata 75,45. Hasil ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi Biosfer di kelas XI IPS SMA 3 Kisaran T.A. 2011/2012, dengan  thitung (1,5) <  t tabel (2,00) dengan dk = 59 pada taraf α = 0,05.   Kata Kunci : Komparasi, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

tgeo

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Other

Description

The main focus of this journal is Geography Learning, Social and Human Geography, Regional Development, Geographic Information Systems, Remote Sensing, Disaster and Mitigation, Geology and Geomorphology, Oceanography and Coastal. This journal target is teachers, lecturers, graduates, and ...