Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pandemi dan pembelajaran secara daring terhadap prestasi melalui variabel intervening keadaan ekonomi mahasiswa Universitas Sangga Buana YPKP Bandung. Dengan model regresi linier berganda dan sistem spss 26. Untuk pengambilan data, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 88 responden di lingkungan universitas sangga buana ypkp bandung. Untuk metode uji penelitian yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas kolmogorov-smirnov regresi model 1 dan 2 serta uji analisa jalur. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Pandemi (X1), Pembelajaran Secara Daring (X2), Keadaan Ekonomi Mahasiswa sebagai variabel intervening (X3) dan Prestasi (Y). Dimana total pengaruh langsung variabel Pandemi (X1), Pembelajaran Secara Daring (X2) dan Keadaan Ekonomi (X3) terhadap Prestasi (Y) Mahasiswa Universitas Sangga Buana YPKP Bandung sebesar 87,7% dan memiliki pengaruh yang signifikan sedangkan pengaruh tidak langsung Pandemi (X1) dan Pembelajaran Secara Daring (X2) terhadap Prestasi (Y) melalui variabel Intervening Keadaan Ekonomi (X3) Mahasiswa Universitas Sangga Buana YPKP Bandung sebesar 15,5% dan berpengaruh signifikan secara tidak langsung. Kata kunci: Pandemi, Pembelajaran Secara Daring, Keadaan Ekonomi Mahsiswa, Prestasi
Copyrights © 2020