Keunggulan kompetitif dan kinerja organisasi adalah alat ukur yang sangat penting bagi perusahaan atau organisasi untuk bersaing di dalam industri. Manajemen Hubungan Para Pemasok, Manajemen Manufaktur, Pengembangan Produk dan Komersialisasi adalah alat atau sarana untuk mencapai tujuan di atas. Perusahaan harus mengelola para pemasok dengan sangat baik, memelihara proses manufacturing secara efisien, dan membuat pola pengembangan produk dan komersialisasi yang sesuai dengan selera pasar. Berdasarkan keterbatasan penelitian sebelumnya, maka dalam penelitian ini ditambahkan tentang keunggulan kompetitif yang memerankan peran positif sebagai variabel intervensi terhadap Manajemen Hubungan Antar Pemasok, Manajemen Manufaktur, Pengembangan Produk dan Komersialisasi bagi kinerja perusahaan atau organisasi. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa Manajmen Hubungan Para Pemasok mempengaruhi Keunggulan Kompetitif, Manajemen Hubungan Para Pemasok tidak mempengaruhi Kinerja perusahaan atau organisasi, Manajemen Manufakturing tidak mempengaruhi Keunggulan Kompetitif, Manajemen Manufakturing tidak mempengaruhi Kinerja perusahaan atau organisasi, Pengembangan Produk dan Komersialisasi tidak mempengaruhi Kinerja organisasi atau perusahaan, Keunggulan Kompetitif tidak memerankan peran sebagai variabel intervensi terhadap Manajemen Hubungan Para Pemasok, Manajemen Manufakturing, Pengembangan Produk dan Komersialisasi terhadap Kinerja Perusahaan atau organisasi. Kata kunci: kinerja perusahaan/organisasi, keunggulan kompetitif, manajemen hubungan para pemasok, manajemen manufakturing, pengembangan produk dan komersialisasi
Copyrights © 2015