Jurnal Digit : Digital of Information Technology
Vol 1, No 2 (2011)

Karakterisasi Pelanggan PLN Menggunakan Algoritma Fuzzy C Mean Dalam Upaya Pengembangan CRM

Husmul Beze (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2017

Abstract

AbstrakCRM (Customer Relationship Management) dapat digunakan untuk menganalisis perilaku pelanggan di PLN dalam menggunakan listrik. Dalam penelitian ini, pelanggan tersegmentasi adalah rumah, bisnis dan industri pelanggan. Variabel segmentasi yang digunakan sebagai atribut adalah durasi berlangganan, total pembayaran, disiplin dalam membayar dan penggunaan listrik total. Sistem dikembangkan dalam penelitian ini memberikan banyak pilihan kombinasi variabel yang akan tersegmentasi. Tujuannya adalah untuk memberikan banyak pilihan bagi PLN di segmentasi pelanggan.Metode untuk segmentasi pelanggan adalah fuzzy c-mean. Untuk mengukur segmentasi yang akurat, hasil clustering divalidasi dengan metode indeks Xie dan Beni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bisnis dan pelanggan rumah yang lebih akurat jika dikelompokkan ke dalam 3 kelompok, sedangkan pelanggan industri dalam beberapa kombinasi variabel yang lebih akurat jika dikelompokkan ke dalam 3 kelompok dan kombinasi beberapa variabel yang lebih akurat jika dikelompokkan menjadi 4 kelompok. Hasil segmentasi karakter pelanggan dapat digunakan sebagai data pendukung dalam pengambilan keputusan bisnis PLN. Kata Kunci: Fuzzy C Mean, CRM, clustering, segmentasi pelanggan

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

DIGIT

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Digital Of information Technology (DIGIT) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC) Cirebon. Jurnal DIGIT di terbit dua kali dalam satu tahun yaitu setiap bulan Mei dan November Jurnal DIGIT ...