Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Vol 20, No 1 (2019): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX 7-P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI THIWUL AYU MBOK SUM

Lilik Andriyanto (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)
Siti Syamsiar (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)
Indah Widowati (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis pengaruh bauran pemasaran (marketing mix 7-p) yang meliputi product, price, place, promotion, people, physical evidence, procces terhadap keputusan pembelian Thiwul Ayu Mbok Sum; 2) menganalisis rumusan strategi pemasaran di Thiwul Ayu Mbok Sum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode pelaksanaan penelitian menggunakan metode studi kasus. Metode penentuan sampel dilakukan secara sampling incidental yang berjumlah 120 orang. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, kuesioner dan observasi. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis dan pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis Stuctural Equation Modeling (SEM) dengan variabel eksogen meliputi Product, Price, Promotion, Place, People, Physical Evidence, Procces, sedangkan  purchase decision sebagai variabel endogen. Hasil penelitian ini menunjukkan ini bahwa bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, physical evidence, procces) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dengan pengaruh tertinggi didominasi oleh variabel physical evidence dengan nilai estimate 0.112 dan pengaruh terendah adalah variabel price dengan nilai estimate 0,095. Rumusan strategi pemasaran yang didapatkan yaitu mempertahankan desain tata ruang di Thiwul Ayu Mbok Sum.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jdse

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian ...