Annual Conference on Islamic Early Childhood Education
Vol 2 (2017): Annual Conference on Islamic Early Childhood Education

Pembelajaran Alquran pada Anak Usia Dini Menurut Psikologi Agama dan Neurosains

Hidayat, Bahril (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2020

Abstract

Islam memerintahkan penganutnya untuk mempelajari proses belajar sejak awal turunnyawahyu kepada Nabi Muhammad saw. Bentuk atau teknik belajar yang diperintahkan Islamadalah membaca. Definsi membaca tidak hanya mencakup membaca teks, tetapi membaca alamsemesta dengan segala isinya. Ilmu pengetahuan sebagai bagian penting dalam referensiwawasan manusia, khususnya dimensi keilmuan Islam, memiliki kaidah keilmuan dalamperumusannya. Produk ilmu pengetahuan digunakan dalam berbagai dimensi kehidupan danperkembangan manusia. Dalam hal ini, disiplin ilmu Pendidikan Anak Usia Dini membutuhkanreferensi dan temuan penting untuk menjelaskan kebutuhan anak usia dini dalam tumbuhkembangnya. Dalam pengembangan disiplin ilmu Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Islammemiliki alQuran sebagai sumber hukum dan keilmuan. Selain itu, alQuran juga berfungsisebagai pedoman hidup dalam membesarkan atau pengasuhan anak. Oleh karena itu, alQuranmenjadi panduan penting dalam proses pembelajaran kepada anak usia dini. Untukmenghasilkan produk keilmuan yang luas, teoretis, dan aplikatif, dibutuhkan tinjauan yanginterdisipliner untuk mengungkap variabel-variabel yang berpengaruh pada tumbuh kembanganak. Peran, pengaruh, dan fungsi alQuran sebagai sumber pembelajaran kepada anak, bisadijadikan rujukan oleh akademisi, praktisi, pendidik, orang tua, dan lingkungan yangbersosialisasi dengan anak usia dini. Fungsi alQuran yang komprehensif membentuk karakterdan perkembangan perilaku anak, bisa ditinjau dari disiplin Psikologi Agama dan Neurosains.Artikel ilmiah ini memaparkan referensi sains tentang tinjauan Psikologi Agama dan Neurosainsdalam mengungkap pembelajaran alQuran pada anak usia dini. Pemaparan disusun secarasistematis untuk meningkatkan pemahaman tentang berbagai metode, teknik, dan referensiuntuk mengungkap jawaban pengaruh dan fungsi alQuran terhadap perkembangan anak usiadini. Harapannya, dengan artikel ilmiah ini penelitian lanjutan dilakukan oleh berbagai disiplinilmu untuk merumuskan berbagai referensi untuk meningkatkan kemampuan anak usia dini,khususnya terkait dengan alQuran sebagai sumber hukum Islam dan Keilmuan untukmemantapkan anak memasuki fase perkembangan berikutnya

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

aciece

Publisher

Subject

Education Neuroscience

Description

Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ICIECE) merupakan konferensi yang diadakan secara rutin setiap tahun oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tema yang dikaji dalam konferensi ini adalah tema-tema ...