Eksos
Vol 16 No 1 (2020): Eksos

Pemanfaatan E-Learning berbasis Moodle dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar

Soraya Soraya (Politeknik Negeri Pontianak)
Linda Suherma (Politeknik Negeri Pontianak)
Sari Zawitri (Politeknik Negeri Pontianak)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2020

Abstract

Pelaksanaan perkuliahan saat ini di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak masih dilakukan secara konvensional. Era Pendidikan 4.0 menggugah upaya untuk pemanfaatan electronic learning (e-learning) dalam proses perkuliahan di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pemanfaatan e-learning berbasis Moodle pada mata kuliah Pengantar Akuntansi I, dan (2) untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Akuntansi I di kelas pembelajaran online dan tatap muka. Bentuk penelitian ini Quasy Experiment dengan model Pretest-Post test Control Group Design. Objek penelitian ini terdiri dari kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan (1) mahasiswa begitu senang dan puas mengikuti pembelajaran online ini sehingga mahasiswa merasakan manfaat dari e-learning berbasis Moodle, dan (2) dari hasil pre test, post test dan nilai UTS ditemukan bahwa pembelajaran dengan sistem online dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar menjadi lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka penuh.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

eksos

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Eksos (Jurnal Ekonomi dan Sosial) memuat intisari dari hasil-hasil penelitian tentang permasalahan seputar bidang ekonomi dan sosial yang dapat bermanfaat bagi akademisi, praktisi, pemerintah, ataupun masyarakat. Hasil penelitian dari Japri berfokuskan pada berbagai tema, topik, dan aspek ...