JURNAL KESEJAHTERAAN DAN PELAYANAN SOSIAL
Vol 1, No 1 (2020): Edisi Mei 2020

PEMBERDAYAAN NELAYAN SUKU BAJO DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi Pada Masyarakat Suku Bajo di Desa Mantigola Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi)

Chandra, Yulia (Unknown)
Tuwu, Darmin (Unknown)
Supiyah, Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan dampak pemberdayaan nelayan Suku Bajo dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Desa Mantigola Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan penekanan pada deskriptif dan analisis. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Mantigola Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 14 orang yaitu, sekretaris desa, serta masyarakat nelayan di Desa Mantigola. Teknik pengumpulan data terdiri dari penelitian kepustakaan, dan penelitian lapangan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, setelah pemberdayaan nelayan cukup memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Mantigola Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi. Dampak dari pemberdayaan nelayan ini dapat dilihat pada aspek sosial, ekonomi dan politik, dimana menunjukkan hasil yang meningkat dan berbeda dari sebelumnya. Selain itu dengan adanya pemberdayaan pendapatan nelayan meningkat dari sebelum adanya kegiatan pemberdayaan. Pemberdayaan nelayan juga meningkatkan sarana dan prasarana melaut nelayan guna menunjang aktivitas menangkap ikan yang dilakukan oleh nelayan setiap harinya. Dalam kegiatan pemberdayaan nelayan pemerintah desa selalu memberikan sosialisasi keterampilan berupa pelatihan kepada nelayan sehingga masyarakat mengetahui target yang harus dicapai demi kesejahteraan keluarga. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa dampak pemberdayaan terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan nelayan di Desa Mantigola Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi cukup memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat yang semakin meningkat setelah adanya pemberdayaan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JKPS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Kesejahteraan dan Pelayanan Sosial merupakan jurnal peer review untuk menyebarkan artikel penelitian dan konseptual di bidang kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial. Topik utama yang akan dimuat dalam jurnal ini adalah: kesejahteraan sosial, pekerjaan sosial, pemberdayaan sosial, pelayanan ...