Jurnal Administrasi Publik
Vol 2, No 8 (2014)

Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna E-Procurement (Studi pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik Kabupaten Malang)

Wijayanti, Novita Paskarinda (Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2014

Abstract

Abstract: Effects of System Quality, Information Quality, and Service Quality on User Satisfaction of E-Procurement (Study on Layanan Pengadaan Secara Elektronik Kabupaten Malang). User satisfaction is evaluation system utilizing information system, according to Delone (2003), user satisfaction can be measured by three aspects of quality that is system quality, information quality, and service quality. This research uses explanatory research with quantitative approach, data collection technique by distrbuting questionnaries to 123 respondents. Based on the calculation results of multiple linier regression analysis explained the effect of independent variables on dependent variable is large enough, it can be seen R2 value of 0,519, while the results of the F test and t test simultaneously and partially unknown independent variables significantly influence dependent variable. The overall result of this study concluded that three independent variables have significant impact on e-Procurement user satisfaction, so by continuing to improve quality of three aspects, the satisfaction of users and the procurement of goods/service Kabupaten Malang will be more efficient, effective, transparent, open, fair competition, fair, and accountable. Keywords: system quality, information quality, service quality, user satisfaction     Abstrak: Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna e-Procurement (Studi pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik Kabupaten Malang). Kepuasan pengguna adalah evaluasi pengguna sistem informasi dalam memanfaatkan sistem informasi, menurut Delone (2003), kepuasan pengguna dapat diukur dengan tiga aspek kualitas model kesuksesan sistem informasi yang diperbaharui  yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan. Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 123 responden. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi linier berganda dijelaskan bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat cukup besar dengan nilai R2 sebesar 0,519, sedangkan hasil dari uji F dan uji t diketahui secara simultan dan parsial variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat. Hasil keseluruhan penelitian disimpulkan bahwa ketiga variabel bebas mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna e-Procurement, sehingga dengan terus meningkatkan tiga aspek kualitas tersebut maka akan terjadi kepuasan pengguna dan pelaksanaan pengadaan barang/jasa Kabupaten Malang akan lebih efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing secara sehat, adil, dan akuntabel. Kata kunci: kualitas sistem kualitas informasi, kualitas pelayanan, kepuasan pengguna 

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jap

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Administrasi Publik (JAP) merupakan jurnal elektronik online yang diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya. Tujuan penerbitan jurnal ini adalah salah satu sarana untuk mewadahi kebutuhan peningkatkan kuantitas dan ...